Berita Poso: Kota Poso Akan Menjadi Kota Madya


poso kota

POSO-Keinginan masyarakat Poso agar daerahnya, Poso, menjadi kota madya (kota) bisa menjadi nyata. Ini menyusul adanya signal positif dari pemerintah pusat di Jakarta, termasuk DPR-RI, untuk memekarkan daerah eks konflik tersebut.

Informasi yang diperoleh Radar Sulteng di pemda Poso menyebutkan, Jakarta merespons positif jika Poso menjadi Kota Madya. “Persyaratan sudah diminta. Poso akan menjadi kota, dan kabupaten akan bergeser di Tentena dengan nama kabupaten Pamona Raya,” kata sumber di Pemkab Poso.

Bupati Poso Piet Inkiriwang pun sangat mendukung pemekaran atas daerah yang dipimpinnya sekarang untuk menjadi kota. Dibeberapa rapat internal pejabat pemkab, Piet bahkan mendesak agar kepengurusan forum perjuangan kota Poso segera di perbaharui. Ini mengingat sebagian dari pengurus forum perjuangan kota Poso sudah tidak aktif lagi.
“Forum perjuangan kota harus segera diperbaharui dan dibentuk. Kita harus cepat merespon peluang menjadi kota madya,” jelasnya. “Semua persyaratan kota sudah diminta,” sambungnya.

Bupati Piet menargetkan, sebelum masa jabatannya sebagai bupati Poso berakhir tahun 2015, Kota Poso sudah terbentuk. Untuk mendukung terbentuknya Kota Poso, Bupati Piet akan memekarkan satu kecamatan yang akan masuk dalam wilayah Kota Poso, yakni Kecamatan Lage.

Kecamatan Lage akan dimekarkan menjadi dua, yaitu Kecamatan Lage dan Lage Timur. Sebagaimana diketahui, perjuangan pembentukan Kota Poso sudah gencar dilakukan sejak sekitar tahun 2003 silam. Pembentukan kota Poso diharapkan banyak pihak dan masyarakat bisa meredam bahkan bisa menghilangkan aksi criminal dan terrorisme di Poso.

Sumber: http://www.radarsulteng.co.id/index.php/berita/detail/Rubrik/49/7893



Kategori:Berita Poso

Tinggalkan komentar